Benarkah Oli mesin klasifikasi API modern selalu bagus?

Print Friendly, PDF & Email
Mesti difahami bahwa  klasifikasi API tinggi , tidak otomatis diartikan mutunya selalu bagus dan cocok bila dipakai pada semua jenis mesin kendaraan.  faktor kecocokan mesin yang dipakai sesuai rekomendasi pabrikan lebih menentukan kinerja oli mesin tersebut…

 

 Mesti difahami bahwa klasifikasi API tinggi , tidak otomatis diartikan mutunya selalu bagus dan cocok bila dipakai pada semua jenis mesin kendaraan. faktor kecocokan mesin yang dipakai lebih menentukan kinerja oli mesin tersebut.

Hasil pengujian  dan kasus tertentu menunjukkan bahwa mobil model lama lebih ideal memakai oli mesin sesuai klasifikasi API rekomendasinya dan lebih optimal kinerjanya dibandingkan memakai oli mesin klasifikasi API  yang lebih tinggi .

 Setiap Klasifikasi API memiliki formulasi oli mesin yang berbeda-beda, karena jenis pegujian pada oli  mesin  berubah seiring dengan perkembangan mesin kendaraan. Formulasi oli  klasifikasi API level tinggi , umumnya dibuat berdasarkan acuan mesin mobil yang memiliki putaran tinggi, tenaga besar, hemat bahan bakar dan emisi ramah lingkungan.

Tidak heran kalau  Klasifikasi  API tinggi umumnya  memiliki jumlah aditif yang lebih sedikit dibandingkan klasifikasi API dibawahnya, terutama jenis  aditif anti aus dan karat seperti Zn dan pospor. Karena Aditif ini bila berlebihan akan merusak konverter katalis yang biasanya dipakai pada mesin-mesin modern.

Leave a Reply





Sorry, no posts matched your criteria.